Apakah Dosa Syirik Besar Bisa Diampuni Oleh Alloh?

Apakah dosa syirik besar diampuni oleh Alloh?

 

Jawaban:

Sesungguhnya seluruh dosa, termasuk syirik, akan diampuni oleh Alloh ta’ala, dengan syarat jika hamba yang melakukan dosa tersebut bertaubat kepada-Nya.

Dengarlah firman Alloh:

Katakanlah: “Hai hamba-hamba-Ku yang melampaui batas terhadap diri mereka sendiri, janganlah kamu terputus asa dari rahmat Alloh. Sesungguhnya Alloh mengampuni dosa-dosa semuanya. Sesungguhnya Dia-lah Yang Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.(QS. Az-Zumar: 53)

Imam Ibnu Katsir rohimahulloh berkata tentang ayat ini:

“Ayat yang mulia ini merupakan seruan kepada orang-orang yang bermaksiat, baik orang-orang kafir atau lainnya, untuk bertaubat dan kembali kepada Alloh. Ayat ini juga memberitakan bahwa Alloh Tabaraka Wa Ta’ala akan mengampuni dosa-dosa semuanya bagi orang-orang yang bertaubat dari dosa-dosa tersebut dan meninggalkannya, walaupun dosa apapun juga, walaupun dosanya sebanyak buih lautan. Dan tidak benar membawa arti pengampunan Alloh dalam ayat ini dengan tanpa taubat, karena orang yang tidak bertaubat dari syirik tidak akan diampuni oleh Alloh. [Tafsir Ibnu Katsir, surat Az-Zumar: 53]

Imam Ibnu Katsir juga berkata mengomentari firman Alloh:

“Sesungguhnya Alloh mengampuni dosa-dosa semuanya”, yaitu dengan syarat taubat. Karena kalau tidak disyaratkan taubat, tentulah syirik termasuk diampuni, tentulah ini tidak benar, karena di sini yaitu ayat 48 dari surat An-Nisa’ Alloh telah memutuskan bahwa Dia tidak akan mengampuni syirik, dan Dia telah memutuskan bahwa Dia akan mengampuni selain syirik bagi orang yang Dia kehendaki, yaitu walaupun pelakunya tidak bertaubat.” [Tafsir Ibnu Katsir, surat An-Nisa’:48].

Wallohu a’lam

 

Sumber: Naskah TJS Edisi 161 Nomor 9

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *