Bolehkah Istri Membantah Suaminya?

Apakah seorang istri tidak boleh membantah suaminya?

 

Jawaban:

Apabila suami memerintahkan perkara yang tidak melanggar syariat atau atau menyampaikan suatu nasehat kebaikan maka istri wajib taat dan mendengarnya,
ia tidak boleh membantah apalagi membencinya.

Dari Ummu Salamah, ia berkata bahwa Rosululloh sholallohu ‘alahi wasallam bersabda,

“Wanita mana saja yang meninggal dunia lantas suaminya ridho padanya, maka ia akan masuk surga.” (HR. Tirmidzi)

Begitu pula ada hadits dari ‘Abdurrohman bin ‘Auf rodhiallohu ‘anhu, ia berkata bahwa Rosululloh  sholallohu ‘alahi wasallam bersabda,

“Jika seorang wanita selalu menjaga shalat lima waktu, juga berpuasa sebulan (di bulan Romadhon), serta betul-betul menjaga kemaluannya (dari perbuatan zina) dan benar-benar taat pada suaminya, maka dikatakan pada wanita yang memiliki sifat mulia ini, “Masuklah dalam surga melalui pintu mana saja yang engkau suka.” (HR. Ahmad)

Namun apabila suami memerintahkan suatu perkara yang melanggar syariat, mengajak kepada perbuatan yang melanggar syariat atau membahayakan keluarga, lingkungan atau orang-orang sekitar maka istri boleh menolaknya dan menasehati atau mengarahkannya. Ia berusaha mencegah kemungkaran tersebut sesuai kemampuannya.

Dari Abu Sa’id Al Khudri rodhiyallohu ‘anhu dia berkata, “Aku mendengar Rosululloh sholallohu ‘alahi wasallam bersabda, ‘Barang siapa di antara kalian yang melihat kemungkaran, hendaklah dia merubahnya dengan tangannya. Apabila tidak mampu maka hendaknya dengan lisannya. Dan apabila tidak mampu lagi maka dengan hatinya, sesungguhnya itulah selemah-lemah iman.’” (HR. Muslim)

 

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *