Jika Memiliki Seorang Ayah yang Menjadi Ahli Hikmah atau Dukun

Pak ustad saya punya ayah seorang ahli hikmah, ayah pun suka meramal untuk orang lain dengan ayat al-Quran. Dia selalu memaksa menyuruh saya untuk menimba ilmunya dan ayah selalu mencaci para ulama dan para ustad lain. Bagaimana saya cara menanggapinya?

 

Jawaban:

Sebelumnya anda harus tahu bahwa apa yang dilakukan oleh ayah anda adalah perbuatan yang terlarang, karena menyimpang dari akidah Islam. Meramal adalah perbuatan kesyirikan yang harus dijauhi oleh setiap muslim. Rosululloh sholallohu ‘alahi wasallam bersabda,

“Barangsiapa mengambil ilmu perbintangan, maka ia berarti telah mengambil salah satu cabang sihir, akan bertambah dan terus bertambah.” (HR. Abu Daud)

Begitu pula hadits yang diriwayatkan oleh Al-Bazzar dengan sanad yang jayyid dari ‘Imron bin Hushoin, dari Rosululloh sholallohu ‘alahi wasallam, beliau bersabda,

“Bukan termasuk golongan kami, siapa saja yang beranggapan sial atau membenarkan orang yang beranggapan sial, atau siapa saja yang mendatangi tukang ramal atau membenarkan ucapannya, atau siapa saja yang melakukan perbuatan sihir atau membenarkannya.” (HR. Al-Bazzar)

Ada beberapa hal yang bisa anda lakukan:

Satu, Anda harus lebih giat mempelajari agama Islam, terutama dalam bab akidah.

Karena ini merupakan bekal untuk memperkuat keilmuan dan pemahaman yang benar, serta bekal untuk mendakwahi orang tua anda.

Dua, tugas anda, tidak perlu menuruti kemauan ayah anda yang meminta anda untuk mempelajari ilmu tersebut. Anda tetap harus menyampaikan nasehat kebenaran kepada ayah anda dengan cara yang baik.

Tiga, bagaimanapun kondisi ayah anda, anda tetap harus berbakti selama dalam hal kebaikan.

Dan jangan lupa berdoa kepada Alloh, agar ayah anda bertaubat dan kembali ke jalan yang benar sesuai ajaran Islam.

Wallohu a`lam

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *