Bolehkah Mengharap Surga Pada Setiap Amalan Sholih?

Pak ustadz, apakah benar jika dalam setiap amal kita mengharapkan surga itu tidak diperbolehkan dengan alasan tidak ikhlas? Mohon penjelasannya, agar saya tidak ragu lagi. Terima kasih atas penjelasannya.

 

Jawaban:

Pada dasarnya kita diciptakan Alloh hanya untuk beribadah atau mengabdi kepada Alloh, hal ini sebagaimana firman Alloh:

“Tidaklah Aku menciptakan jin dan manusia melainkan agar mereka beribadah kepada-Ku.” (QS. Adz-Dzariyaat: 56)

Akan tetapi Alloh juga memerintahkan kita untuk berdo’a agar kita diampuni Alloh dan mendapatkan surga, Alloh Ta’ala berfirman di dalam surat al-imron, memotivasi hamba-hamba-Nya untuk meraih surga:

“Dan bersegeralah menuju ampunan Robb kalian jannahnya seluas langit dan bumi yang disediakan bagi orang yang bertaqwa. (QS. Al-Imron: 133)

Dalam ayat tersebut Alloh Subhanahu wata’ala memerintahkan untuk memohon ampunan dan beribadah kepadanya dan dengan dua hal tersebut yakni memohon ampunan dan beribadah kepada-Nya maka Alloh akan memsukkan hambanya ke surga, dan dengan ibadah itu pula kita diberi janji dengan surga.

Demikian pula firman Alloh Subhanahu wata’ala :

“Dan Alloh Subhanahu wata’ala membuat perumpamaan bagi orang-orang yang beriman, yaitu istri firaun, ketika berkata “Ya Robb-ku bangunkanlah bagi-ku sebuah rumah di surga.(QS. At-Tahrim: 11)

Jadi seorang yang beramal dengan mengharap apa yang ada di sisi-Nya, yaitu berupa surga dan segala kenikmatannya mengharap melihat wajah-Nya di surga maka hal ini tidak mengurangi keikhlasannya dalam beribadah.

Dan masih banyak ayat sejenis yang memotivasi kita untuk meraih surga Alloh Subhanahu wata’ala.

 

Sumber: Naskah TJ SMS EDISI 96 nomor 3

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *