Bolehkah Berdzikir Tanpa Berwudhu?

Pa ustadz saya mau tanya bagaimana hukumnya berdzikir tanpa berwudhu karena jauh ke tempat air? mohon penjelasannya.

Jawaban:

Sebenarnya boleh seseorang berdzikir walaupun belum berwudhu. Hal ini sebagaimana perkataan Ibnu Qudamah dalam kitab Al-Mughni,

“Bahwa tidak ada perbedaan pendapat di antara para ulama, bahwa mereka orang-orang yang berhadats boleh berzikir kepada Allah Ta’ala, karena mereka butuh untuk membaca basmalah ketika mereka akan mandi (junub) dan tidak mungkin mereka menghindar dari hal itu.”

Dan mengenai hal ini juga merupakan ijma’ yang juga dinukil oleh An-Nawawi dalam Al-Majmu’ dan Ibnu Hazm dalam Al-Muhalla.

Namun berdzikir dalam kondisi suci itu lebih utama. Sebagian ulama menilainya termasuk sunnah.

Dalam hadits al-Muhajir bin Qunfud rodhiallohu anhu, ia mengucapkan salam kepada Nabi sholallohu ‘alaihi wassalam saat beliau berwudhu, beliau tidak menjawabnya sehingga selesai dari wudhu’nya, baru menjawab salamnya. Beliau bersabda,

إني كرهت أن أذكر الله عز وجل إلا على طهارة

Sesungguhnya aku tidak suka berzikir kepada Allah subhanahu wa ta’ala kecuali dalam keadaan suci”. Atau beliau mengatakan, “kecuali dengan bersuci.” (HR. Abu Daud, Ibnu Majah, dan Ahmad. Al-Syaikh Al-Albani berkata hadist ini shahih)

Imam Nawawi rohimahulloh ta’ala berkata bahwa Kaum muslimin sepakat atas bolehnya membaca Al-Qur’an bagi orang yang berhadats, yakni hadats kecil, dan yang paling utama ia bersuci untuk membaca Al-Qur’an.

Wallohu a’lam.

 

Sumber: Naskah TJS EDISI 84 Nomor 3

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *